Home » , » Tips Mudik Aman dan Nyaman

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Written By Topi Jerami on Jumat, 19 Juli 2013 | 09.36

Koran Berita Terbaru - Mudik merupakan hal yang di nanti oleh setiap orang yang bekerja jauh dari keluarga. Mudik juga identik dengan hari paska lebaran Idul Fitri. Dulu mudik selalu menjadi hal yang ribet dan susah karna belum adanya fasilitas seperti sekarang. Dizaman yang serba canggih ini Mudik tidak perlu membutuhkan tenaga yang serba Exstra karna fasiltas dan keamanan yang cukup menjamin. Dibalik keamanan dan fasilitas yang menjamin tentu banyak hal yang mungkin membuat sebagian orang menjadi hal yang boros, karna Fasilitas yang di berikan tidak lah geratis memerlukan uang yang lumayan banyak untuk semua itu. Namun buat orang-orang yang tidak memiliki uang berlebih seperti saya cukup memperhatikan langkah-langkah aman mudik di bawah ini. Tidak perlu memerlukan uang yang banyak hanya cukup melihat dan teliti dalam melakukan mudik.

Dan untuk para sobat sekalian yang ingin melakukan mudik lebaran kali ini, sobat harus pintar-pintar mengatur waktu dan jatwal keberangkatan supaya dalam perjalanan mudik tetap lancar dan selamat sampai tujuan. Ingat keluarga besar menantikan kedatangan andadi rumah. Untuk lebih lengkapnya mari kita melihat tata cara mudik yang baik berikut ini. 



Menentukan Waktu

Saat memutuskan mudik, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapan akan mudik. Rencanakan dengan matang, bisa sebelum atau sesudah Hari Raya. Ini terkait erat dengan sarana transportasi yang akan digunakan selama mudik. Waktu mudik yang diberikan juga disesuaikan (diatur sefleksibel mungkin) dengan jatah libur yang ada.

Jika memutuskan mudik dengan sarana transportasi umum seperti kereta api, pesawat atau bis, segera siapkan tiket agar tidak kehabisan. Pilih juga sarana transportasi yang aman, nyaman dan disesuaikan dengan kondisi keuangan. Baiknya, tentukan juga berapa lama Anda akan mudik, termasuk perjalanan dan menghabiskan liburan di kampung halaman. Ini untuk menyiasati kapan Anda harus membeli tiket balik sebelum kehabisan atau terkena tuslah.

Budget

Mudik lebaran 2011/ IlustrasiMudik lebaran 2011/ Ilustrasi Hal ini penting untuk dipikirkan sebelum memutuskan mudik tahun ini. Agar tidak membuat kacau kondisi keuangan, sebaiknya tentukan anggaran keuangan yang dibutuhkan. Susunlah daftar kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk mudik lebaran. Mulai dari biaya tiket Pulang-Pergi (PP), buah tangan, sangu, angpao dan biaya-biaya lain yang tak terduga sepanjang perjalanan mudik.

Ingat, jangan terlalu memaksakan diri jika memang tidak mampu, pertimbangkan secara rasional dan logika. Jangan asal menuruti kehendak hati, lantas Anda memilih berutang atau menjual motor demi bisa pulang kampung. Karenanya, mulai dari sekarang rincilah persediaan keuangan dan sesuaikan dengan prioritas apa saja yang diperlukan.

Siapkan Kondisi Tubuh

Bagi Anda yang akan melakukan mudik Lebaran pulang ke kampung halaman, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan kondisi tubuh Anda. Anda harus mencukupkan istirahat paling tidak sehari sebelum berangkat serta ada baiknya mengonsumsi vitamin dan suplemen sebelum keberangkatan agar tubuh bisa fit dan prima. Jangan sampai aktifitas perjalanan mudik Anda terganggu karena kondisi fisik yang kurang fit atau malah sedang sakit.

Cek Kendaraan


'Mudikers' dengan motor.../ Istimewa'Mudikers' dengan motor.../ IstimewaKalau urusan kendaraan barangkali ini adalah salah hal yang terpenting dalam aktifitas perjalanan mudik Anda. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Nah bagaimana dengan kendaraan pribadi ? Bagi Anda pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya sebelum kendaraan dipakai mudik, periksa kondisi kendaraan di bengkel langganan (tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tool kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll. Serta jangan lupa membawa dokumen kendaraan bermotor seperti STNK dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pastikan Rumah yang Ditinggal Mudik Aman

Selama mudik, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank. Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Anda bisa menitipkan rumah pada orang yang dipercayakan, tetangga atau satpam perumahan. Bila diperlukan, pasang alarm sekuriti di rumah atau memasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah seperti halaman rumah, ruang tamu dan ruang tidur.

Packing Barang/Muatan dengan Benar

Urutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Bawa Peta Jalur Mudik

Bagi yang membawa kendaraan sendiri waktu mudik sebaiknya jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.

Waspada Hipnotis dan Pencopet

IPemudik yang menggunakan kapal Pelni/ IstimewaPemudik yang menggunakan kapal Pelni/ Istimewani bagi yang mudik Lebaran memakai kendaraan umum, maka berhati-hatilah terhadap orang yang tidak dikenal. Misalkan ada yang menawarkan makanan dan minuman, dimana Anda ragu dengan orang tersebut, sebaiknya ditolak tapi dengan cara yang sopan dengan mengatakan bahwa Anda membawa bekal dan minuman sendiri.

Membawa Uang Tunai Secukupnya

Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.

Hindari Membawa Barang Banyak


Dengan alasan mulia membahagiakan dan menyenangkan keluarga yang nun jauh di kampung halaman, tak peduli bagaimana repotnya membawa barang banyak selama mudik, sebagian dari pemudik berpikir untuk memborong banyak buah tangan. Meski tidak ada salahnya, namun sebenarnya hal ini bisa disiasati.

Cobalah cara cerdas, dengan mengirim oleh-oleh atau buah tangan sebelum Hari Raya melalui paket atau kurir. Disamping menghemat barang bawaan agar lebih praktis dan aman, Anda pun terbebas dari incaran pencopet atau tukang gendam (hipnotis) selama mudik.

Tips cerdik lainnya, cobalah ganti oleh-oleh seperti pakaian dan makanan, dengan uang tunai. Anda bisa memperkirakan sendiri berapa jumlah uang tunai yang bisa diberikan kepada orang tua dan sanak famili sebagai pengganti oleh-oleh.  Jika ada sisa budget (dana) untuk membeli oleh-oleh, Anda bisa mengalokasikannya untuk keperluan lain, misal memberi "sangu" atau "angpao" yang sudah menjadi tradisi, kepada keponakan atau orang tua.

Berdoa dan Selalu Memberi Informasi

Terakhir adalah berdoa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dan kelancaran dijalan selama mudik Lebaran ke kampung halaman. Dan, selalu memberi informasi kepada keluarga di rumah, sehingga keluarga di rumah tidak khawatir  dan mereka pun dapat memantau keberadaan saat di kampung halaman. (Dari berbagai sumber)

Demikian tip mudik dari kami mudah-mudahan anda bisa melakukan mudik dengan aman dan selamat sampai tujuan. Selamat Mudik Lebaran.......


Sumber:http://www.tnol.co.id

0 komentar:

Posting Komentar